Cara print bolak balik untuk membuat buku saku

Untuk menghemat pemakaian kertas, lebih baik saat mencetak dokumen dari Microsoft Word 2007 anda mencetaknya secara bolak-balik di ke dua sisi kertasnya. Sama seperti percetakan buku, anda sebenarnya bisa melakukannya dengan mengatur proses print di dalam Microsoft Word.

Dari berbagai pengamatan saya, mencetak dokumen dengan bolak-bolik ternyata masih belum diketahui oleh banyak orang. Maka dari itu saya berinisiatif untuk membuat postingan ini yang mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat bagi anda. Ohh iya sedikit penjelasan dari saya, dalam pengaturan yang akan kita lakukan ini, proses mencetak nanti akan otomatis menyusun halaman per halaman, jadi anda tidak perlu mengaturnya berkali-kali. Berikut adalah langkah demi langkah pengaturannya agar bisa mencetak bolak-balik:

Bagaimana Cara Print Dokumen bolak balik?


  •     Bukalah dokumen yang ingin anda cetak
  •     Jika sudah siap, langsung saja tekan Ctrl + P pada keyboard anda agar muncul tampilan jendela Print
  •     Lanjutkan dengan mengklik Properties seperti yang ditunjuk tanda panah di bawah ini

Ini adalah tampilan properties dari printer EPSON L550, mungkin jika anda memakai merk yang berbeda tampilannya akan berbeda, tapi pada intinya di setiap fitur setiap printer sama. untuk mengaktifkan klik 2 Side Printing atau jika pada setingan printer properties mu berbeda misal canon biasanya namnya adalah cetak dupleks, nah kira2 gambarnya sepeti ini jika di conteng gambar preview terlihat seperti ada kertas terlempit.






Setelah selesai setting kemudian klik ok Jangan khawatir jika mencetak dokumennya nanti akan meloncati satu halaman. Wajar ini karena kita sedang mencetak dokumen secara bolak-balik. Tunggu proses mencetaknya selesai hingga ada sebuah perintah untuk memasukan kertas kembali. Masukan kertas yang sama namun letakan bagian yang kosong di depan agar printer mencetak lembar baliknya di sana.

Oke sekian lah cara print bolak balik seperti buku, semoga bermanfaat dan menjadi bahan refrensi kamu, salam cara cetak.com cetak apa saja ada caranya.

0 komentar

Posting Komentar